Kamis, 29 Januari 2009

Pemko Padang Panjang Serius Mengurus Sektor Pariwisat

Suasana Mifan yang makin di minati msyarakat luar dan dalam Kota

Padang Panjang, Pemburu berita sejati

Pemerinta Kota Padang Panjang makin serius mengurusi sektor pariwisata, salah satu upaya dengan rencana membangun stasiun mini atau stoplat dikawasa wisata Minang Kabau Village (MKV) kini tengah trend dikenal dengan Mifan (Minang Fantasi) di Silaing Bawah Kota Padang Panjang.

Data yang terakhir diperoleh dari Dinas Pendapatan Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD) Kota Padang Panjang menunjukkan realisasi PAD 2008 mencapai Rp 13,8 miliar, angkah ini diperoleh dari berbagai item pemasukan yang sudah ditentuka Pemkot, salah satunya pajak hiburun Rp 551,7 juta dimana Rp 545,8 juta diantaranya diperoleh dari objek wisata Minang Fantasi (Mifan).

Guna menyikapi itu Setdako Padang Panjang Drs. H. Nafriady, M.Si melakukan kunjungan kelapangan minggu lalu di lembah pinggir lokasi Mifan atau persisnya di belakang Kantor Dinas Porbudpar dikawasan wisata tersebut akan dibangun stoplant guna menghubungkan terminal mini kereta api berupa jembatan menuju Mifan.

Menurut Nafriady” dibangunya terminal mini atau stoplant kereta api wisata ini lebih memudakan akses masyarakat dari luar Padang Panjang seperti Padang, Lubuk Alung, Secicin, Kayu Tanam, dan Kota Pariaman dan Kabupaten Pariaman sebagai daerah tetangga.

“Ini merupakan sala satu daya tarik tersendiri untuk menghadirkan dan memanjakan pengunjung berwisata ke Padang Panjang. Selain menghindari kemacetan berlalulintas kendaraan dari arah Padang menuju Padang Panjang dengan menaiki kereta api wisata plus biaya ongkos perjalanan yang terjangkau oleh masyarakt” jelas Setdako.

Untuk pembiayaan pembangunan stoplant itu, lanjut Nafriady, akan dibebankan pada anggaran APBD dan didukung partisipasi dari PT.KAI. Kebutuan perencanaan ini dianggap cukup mendesak sekali kerna dilihat antusias masyarakat sangat tinggi berkunjung ke Padang Panjang namun berimbas pada tingkat kemacetan yang cukup tinggi menuju Padang Panjang dan didalam Kota Padang Panjang sendiri.

Pada kunjungan itu Setdako didampingi Kepala Dinas PU H. Maisul, ST.MM, Kepala Dinas Porbudpar (Pemuda Olaraga Budaya dan Pariwisata) Kota Padang Panjang Drs. Zulkarnain Harun, M.SI, menurut Zulkarnain” kita patut acungkan jempol kesukses MKV yang dikenal dengan Mifan, sebagai wisata keluarga yang paling banyak dicari saat ini, terlihat dari pengunjung yang datang ke Mifan tak hanya dari Sumbar terutama saat musim liburan panjang, ini jelas satu langkah ekonomi saling menguntungkan telah dihadirkan pengelolah Mifan untuk masyarakat Kota ini” ujarnya

Bahkan Bang Bukopin berani berinvestasi, kerna Mifan memiliki potensi yang besar, Direktur Komersial PT.Bang Bukopin Tbk, Mikrowa Kirana mengungkapkan, pihaknya siap menguncurkan keridit meliaran Rupia lagi” Kalau Pak haji Nelson mengajukan proposal lagi, kita langsung mempelajari. Kalau memang mendukung pekembang Mifan ya kita siap mendanai,” ujarnya. (ce)

Tidak ada komentar: