Kamis, 29 Januari 2009

HKG PKK KB Membawa Perubahan Kehidupan Bermasyarakat

Wako Suir Syam Saat pembukaan acara PKK di Kelurahan Koto Panjang




Padang Panjang, pemburu berita

Dilihat dari Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, Kesehatan dan KB aspek perencanaan strategis, selama periode 2003-2008, dikota Padang panjang yang bersendikan tiga pilar utama yakni Pendidikan, Ekonomi Kerakyatan dan Kesehatan telah membawa perubahan yang sangat baik tehadap kehidupan masyarakat, terutama dalam peningkatan pelayanan dasarujar Wako Suir Syam dalam kata sambutan pada acara pembukaan acara Penilaian Hari Kesatuan Gerakan PKK, Keluarga Berencana, Kesehatan (HKG-PKK-KB-KES) tingkat Propinsi Sumater Barat di Kelurahan Koto Panjang rabu ( 21/1).

Lebih lanjut Wako menjelaskan , PKK dapat dipandang dan diposisikan sebagai ujung tombak dalam mendidik, mencerdaskan, menyehatkan dan mensejaterakan keluaraga, berbagai program telah mampu mendorong berbagai bentuk usaha dalam memperdayakan maupun pembinaan masyarakat keluarga.

Dalam kaitan ini, setidaknya ada tiga komponen program utama yang cukup sukses diembanya. Program pemberdayaan kesejateraan keluarga yang meliputui kelompok dasa wisma dan revitalisasi posyandu. program keluarga berencana, pemberdayaan keluarga, penguatan kelembagaan dan jaringan keluarga kecil, pendataan keluarga dan program peningkatan partisipasi kaum Pria. Program bidang kesehatan, meliputi usaha pembangunan lingkungan sehat dan perilaku sehat, pencegahan dan pemberantasan penyakit, kesehatan keluarga dan gizi kesehatan ibu dan anak.

PKK membangun semangat kebersamaan dan jiwa kegotongroyongan masyarakat semuan itu tentunya telah memberikan kontrubusi yang sangat berharga bagi upaya percepatan pembangunan daerah, hal ini patut dibanggakan dan diberi apresiasi tersendiri, kata Wako Suir Syam. (ce)

Tidak ada komentar: