Kamis, 29 Januari 2009

Empat Jorong Kanagarian Surian

Masyarakat Dari Empat Jorong Sedang Membahas

Wada Ekonomi Sosial dan Masyarakat


Solok-sang pemburu berita

Berlandaskan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945 serta berdasarkan atas asas kekeluargaan dan rasa kebersama 4 (empat) Jorong Kanagarian Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok, yang dulu dikenal dengan Desa Tabua Gadang akhirnya sepakat, dirikan Koperasi sebagai badan usaha dalam melaksanakan kegiatan yang mengorganisir pemafaatan dan pendayagunaan sumber daya yang bisa mengangkat taraf ekonomi masyarakat di empat Jorong ini ujar Ketua Kopersi yang terpili, Asion Kanedy

Ketika di kunjungi koran ini.

Koperasi yang didirikan empat Jorong pada hari jum,at 26 Desember 2008 di Gedung Taman Kanak - Kanak Gaduang Surian.Dengan kesepakatan Pengurus sementara yang terpili sebagai Ketua, Asion Kanedy, dari Jorong Tampat, Wakil Ketua, Efendi, dari Jorong Kulemban

Sekretaris, Syharisal dari Joron Suliti dan Bendahara Mon Surya dari Jorong Gadung dengan Anggota Rapat, Koperasi diberi nama Koperasi Usaha Bersama (KUB).

Pendirian Koperasi Usaha Bersama ini langsung di pandu oleh Lapenkopwil dan Lapenkopda Sumatera Barat, Budiman, yang diwakili oleh, Rifnaldi, dari Lapenkopda Padang Panjang yang juga pendiri Kopersi Primkop APKL didirikan 2004, sekarang dikenal dengan Kopersi Serba Usaha Pedagang Sejahtera Mandiri ( KSU - PSM ).

Turut hadir dalam acara pendirian Koperasi Usaha Bersama ini, dari Toko masyrakat dan 40 ( empat puluh ) orang dari empat jorong yang berkaitan, dalam kata sambutannya, St. Marajo Suhur, selaku orang tua di empat jorong ini mengatakan” program ini sangat baik sekali dan mendukung penuh, cuma perlu diingat jangan kerna ada kepentingan seseorang wada ini baru berjalan tapi pupukla rasa kebersamaan yang tinggi dan solidaritas yang kokoh, saya yakin apa bila rasa ini kita jaga, kita akan solid “ katanya di aminkan oleh H. Am, orang tua di empat jorong ini juga.

Semantara dari Toko masyarakat Azi Warman, S.Ag dalam kesempatan ini juga berharap” dengan berdirinya sebuah wada Koperasi Usaha Bersama ini nantinya diharpkan bisa mengangkat taraf ekonomi masyarakat, cuma saya berharap Koperasi Usaha Bersama hendaknya nanti benar – benar bisa berperan mengangkat ekonomi rakyat yang mandiri sesuai dengan nama Koperasi, dan mempersiapkan Plening kerja baik jangka pendek maupun jangka pajang dan memberikan rasa memiliki kepada seluru anggota koperasi, juga menjalin hubungan yang harmonis dan menanamkan rasa kepercayaan kepada Pengusaha yang akan berinvestasi ke Nagari ini khususnya Kecamatan Pantai Cermin” harapnya. Sementara dari Lapenkop Rifnaldi juga berharap Koperasi Usaha Bersama ini akan menjadi percontoan nantinya seperti Koperasi Serba Usaha Pedagang Sejahtera Mandiri Kota Padang Panjang. ce)

Tidak ada komentar: