Sabtu, 13 September 2008

Satpol PP Kota Padang Panjang Bakal Lakukan Razia Rutin

Padang Panjang, Pemburu Berita Sejati

Setiap Hari ke beberapa titik yang dianggap rawan tempat terjadinya perbuatan maksiat tersebut. Seperti peristiwa yang baru-baru ini berhasil diungkap satuan penegak Perda itu, yakni penangkapan terhadap sekelompok kawula muda yang tengah asyik berpesta minuman keras di sekitar tribone Lapangan Kantin. Gelapnya situasi di sekitar lokasi, membuat mereka terhanyut dibawah kekuasaan dan pengaruh alkohol, tanpa sedikitpun menyadari kedatangan petugas.Padang Panjang.

Maraknya aksi maksiat yang dilakukan segelintir generasi muda seperti mabuk-mabukan dan perbuatan tidak senonoh di sejumlah titik di Kota Padang Panjang telah meresahkan masyarakat. Aksi tersebut dilakukan karena mininnya penerangan pada sejumlah lokasi seperti lokasi disekitar Lapangan Kantin dan terminal Bukit Surungan.

Keresahan masyarakat tersebut langsung mendapat tanggapan serius dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang Panjang dengan melakukan razia rutin

"Begitu menerima laporan warga, kita langsung menurunkan personil untuk melakukan investigasi. Alhasil, petugas memang mendapati perbuatan sekelompok anak muda yang sudah mengarah kepada tindak kriminal. Untuk memberikan efek jera, mereka (pelaku, red) langsung kita gelandang ke markas," ujar Kasatpol PP Kota Padang panjang Sukma S.Sos, yang mengaku gerah seiring banyaknya laporan warga yang masuk terkait aksi tersebut.Lebih lanjut, Sukma yang jajarannya ikut mengamankan pelaksaan Pilkada dan Ujian Nasional di Kota Padang Panjang tersebut mengatakan, begitu digiring ke markas, sekelompok pemuda yang masih tercatat sebagai mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Kota Padang Panjang itu, Lantas disuruh membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya. Setelah diberikan penyuluhan dan pembinaan, beberapa orang dari mereka ikut ditemani wanita pasangannya, akhirnya diperbolehkan pulang.

"Tidak hanya Lapangan Kantin, kawasan Terminal Bukit Surungan juga merupakan lokasi yang tergolong rentan akan terjadinya perbuatan maksiat. Rata-rata, kedua lokasi itu adalah daerah yang termasuk minim penerangannya. Kedepan, kita berharap adanya koordinasi dan kerjasama yang baik antar lintas instansi terkait," ajak Sukma seraya menambahkan, jika Pol PP bakal menggelar razia rutin di dua titik lokasi tersebut.

"Tidak hanya dalam upaya mensukseskan UN, kita juga akan bekerja ekstra dalam mengawal kelancaran jalannya Pilkada. Partisipasi dan peran aktif masyarakat, sangat kita harapkan guna mewujudkan Bumi Serambi Mekkah yang aman dan damai," harap Sukma.

Salah seorang pedagang di seputaran Gedung M.Syafei Kota Padang Panjang Edi mengatakan, dirinya sering melihat gerombolan pemuda yang sering melakukan mabuk-mabukan terutama pada malam hari. Ia berharap agar instansi terkait agar melakukan pengawasan rutin agar kejadian tersebut dapat dicegah demi keamanan dan ketertiban di kota yang berjuluk Serambi Mekah ini.

“ Kalau tidak ada tindakan tegas dari instansi terkait, kegiatan generasi muda tersebut sudah sangat meresahkan warga sekaligus dapat mengganggu ketertiban umum”, harap Edi yang sering pada malam hari memergoki aksi maksiat tersebut.(Rifnaldi)

Tidak ada komentar: