Sabtu, 13 September 2008

Dr.H Suir Syam, M.Kes, MMR dan Ir. H. Edwin, Sp dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota

Padang Panjang, Pemburu Berita Sejati

Dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR dan Ir. H. Edwin, Sp dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang periode 2008-2013 oleh Gubernur Sumbar H. Gamawan Fauzi, SH atas nama Presiden Republik Indonesia, Kamis (11/9) sore kemarin di Gedung DPRD setempat.

Acara pelantikan yang juga dihadiri Wakil Ketua DPD RI Ir. Irman Gusman, SE, MBA dan bupati/walikota se-Sumbar itu diawali dengan pembukaan sidang oleh Ketua DPRD Kota Padang Panjang Drs. H. Hamidi Labai Sati. Dalam pembukaan sidang itu, Hamidi menyampaikan sekelumit perjalanan Pilkada Kota Padang Panjang, sampai terpilihnya Suir Syam dan Edwin sebagai walikota dan wakil walikota.

Pilkada yang digelar 9 Juli 2008 lalu itu diikuti tiga pasangan calon, masing-masing Drs. Afrizal Moetwa dan Drs. Fathoni Rasyid (diusung Partai Golkar), dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR dan Ir. H. Edwin, Sp (PAN, PKPB dan PBB), serta pasangan Drs. Yuswar Yusuf Dt. Garang dan Drs. Sopendi Dt. Indo Kayo (Partai Demokrat).

Setelah dilakukan proses pencoblosan dengan aman dan lancar, akhirnya pasangan Suir Syam-Edwin unggul mutlak (81,5 %) atas dua pasangan lainnya. “Alhamdulillah, setelah proses pencoblosan sampai penghitungan suara dilakukan, tak satupun terjadi aksi demo. Ini merupakan wujud kedewasaan masyarakat Padang Panjang,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur H. Gamawan Fauzi dalam kata sambutannya usai mengambil sumpah dan melantik Suir Syam-Edwin mengatakan, masyarakat Kota Padang Panjang pantas bersyukur, karena proses demokrasi di kota itu telah berjalan dengan baik. Buktinya, tak sedikitpun terjadi aksi protes, apalagi sampai berbuat anarkhis dari masyarakat dan pihak yang kalah.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Provinsi Sumatra Barat saya mengucapkan selamat kepada walikota dan wakil walikota terpilih, serta apresiasi atas kedewasaan yang diperlihatkan masyarakatnya. Kepada segenap masyarakat di daerah lain, ini patut menjadi teladan,” ujarnya.

Selama lima tahun kepemimpinannya di periode pertama (2003-2008), lanjut Gubernur, Suir bersama wakilnya Drs. H. Adirozal, M.Si telah membawa Padang Panjang menjadi kota yang maju dan menjadi tujuan berbagai aktifitas. Bersama masyarakatnya, keduanya telah mampu memantapkan visi menjadikan Padang Panjang sebagai pusat pendidikan Islam, pusat pelayanan kesehatan dan menjadi daerah tujuan wisata.

Sebagai kota yang berjulukan Serambi Mekah, Padang Panjang selama ini telah mampu menjadi kota tujuan untuk menimba ilmu agama Islam, karena di kota itu banyak sekali pesantren dan lembaga pendidikan Islam lainnya yang keberadaannya jauh lebih maju dan tidak dimiliki daerah lainnya.

Potensi itu harus terus dikembangkan secara optimal melalui peningkatan sumber daya manusia, peningkatan fasilitas pendukung dan yang lebih penting adalah peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri, sehingga eksistensi kota ini sebagai pusat pendidikan Islami dapat dipertahankan.

“Perlu kami ingatkan kepada Walikota dan Wakil Walikota yang baru saja dilantik, khususnya Suir Syam, masa jabatan kali ini merupakan periode kedua. Artinya, dari aspek kesinambungan program, saudara tentu realatif tidak akan menghadapi kendala, hanya tinggal melanjutkan dan memilih prioritas yang harus didahulukan,” ujarnya.

Usai acara pelantikan, langsung dilakukan pelantikan Ketua Dharmawanita Persatuan di Rumah Dinas Walikota Padang Panjang. Gubernur H. Gamawan Fauzi dan rombongan juga berbuka puasa bersama di rumah dinas tersebut dan malam harinya langsung melakukan safari Ramadhan di Mesjid Tauhid Pasar Baru. {rifnaldi}

Tidak ada komentar: